Konsultasi hubungi email:Gelato888@gmail.com

Apa itu Gelato ?

In Uncategorized on February 11, 2009 at 10:29 pm

Apa itu gelato ? Jika dilihat secara sepintas dari tampak fisiknya gelato tidak berbeda dengan es krim yang biasa kita konsumsi. Namun ada perbedaan cukup besar antara es krim yang kita kenal dengan gelato. Adapun perbedaannya adalah :

1. Gelato dibuat dalam skala kecil dan langsung disajikan segera setelah dibuat

Gelato selalu dibuat dalam skala kecil oleh chef. Segera setelah proses pembuatan, gelato bisa langsung disajikan. Oleh karena itu gelato selalu disajikan dalam keadaan yang selalu segar. Berbeda dengan eskrim yang dibuat di pabrik dalam skala produksi yang besar yang disimpan dalam jangka waktu lama selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, terutama jika harus diimpor dari negara pembuat.

2. Gelato menggunakan bahan-bahan yang segar

Karena dibuat dalam skala kecil, gelato selalu dibuat dengan bahan-bahan yang masih segar yaitu susu segar dan buah-buahan yang masih segar. Gelato yang baik tidak menggunakan essence / perisa. Gelato yang baik selalu menggunakan buah segar asli (mis: kiwi, strawberry, durian, lemon, dll) dan pasta yang dibuat dari bahan asli (pistachio, nutella, coffee, moccachino, vanilla, dll)

3. Mengandung lebih sedikit lemak

Gelato mengandung lemak 6 – 10% saja. Jauh lebih sedikit dibandingkan dengan es krim dari amerika yang biasanya mengandung lemak sampai di atas 15%. Bahkan gelato jenis sorbet dengan rasa buah tidak mengandung lemak sama sekali (0%), karena dibuat hanya dari buah asli.

4. Gelato lebih padat namun tetap lembut

Gelato mempunyai struktur lebih padat daripada es krim. Komposisi struktur gelato mempunyai campuran udara yang sedikit. Pada eskrim, karena disajikan pada suhu yang lebih dingin, diperlukan jumlah udara yang banyak agar tetap lembut. Sedangkan gelato disajikan di temperatur yang tidak terlalu dingin sehingga komposisi udara dapat dibuat lebih sedikit. Hal ini mempengaruhi rasa gelato secara keseluruhan. Gelato lebih mempunyai rasa yang ‘penuh’ dan padat berisi karena kandungan udaranya yang sedikit. Sedangkan eskrim lebih terasa ‘ringan’ karena mengandung banyak udara di dalamnya.

Untuk konsultasi dan training pembuatan gelato hubungi email : gelato888@gmail.com

Gelato

Leave a comment